Visi dan Misi Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Nabire: Yufinia Mote dan Muhammad Darwis

VISI PEMBANGUNAN KABUPATEN NABIRE PERIODE 2021-2025

Visi adalah cara pandang jauh ke depan atau suatu gambaran cita-cita yang menantang tentang keadaan di masa depan yang diinginkan seluruh pemangku kepentingan (stakeholders).

Dengan demikian visi merupakan gambaran yang menjadi perekat dan menyatukan berbagai gagasan strategis, memiliki orientasi masa depan, menumbuhkan komitmen bersama dari seluruh masyarakat, dan menjamin kesinambungan kepemimpinan organisasi dalam rangka memberi keyakinan bahwa suatu perkembangan dan kemajuan akan terjadi.

Maka, berdasarkan evaluasi dan dengan memperhatikan isu strategis dalam lima tahun mendatang serta mengacu pada arahan RPJPD Nabire Tahun 2005-2025 serta mempertimbangkan cerminan hati sanubari rakyat Nabire, maka Visi Pembangunan Nabire Tahun 2021-2025, pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Nabire, Provinsi Papua Papua, Yufinia Mote dan Muhammad Darwis dirumuskan sebagai berikut:

 

“Nabire Adil, Sejahtera, Mandiri, dan Berdaya Saing dalam Keberagaman”

 

Apa artinya visi di atas ini?

ADIL berarti tidak berat sebelah,  tidak memihak,  berpihak pada kebenaran, tidak sewenang-wenang.

SEJAHTERA adalah aman, sentosa, makmur,  selamat dari segala gangguan,  kesulitan  dan sebagainya.

MANDIRI melakukan sesuatu atas dorongan sendiri dan kemampuan mengatur diri sendiri, sesuai dengan hak dan kewajibannya tanpa meminta bantuan atau tergantung dari orang lain dan dapat bertanggung jawab terhadap segala keputusan yang telah diambil melalui berbagai pertimbangan sebelumnya.

BERDAYA SAING memiliki kemampuan untuk menunjukkan hasil yang lebih baik, lebih cepat atau lebih bermakna dengan kombinasi dari institusi, kebijakan, dan faktor yang menentukan tingkat produktivitas.

KEBERAGAMAN artinya banyak ragamnya; bermacam-macam; berwarna-warni. Kabupaten Nabire dapat digambarkan sebagai Indonesia kecil, hampir semua suku, agama, budaya, dan kelompok yang ada di Indonesia berdomisili di  Kabupaten Nabire.

 

MISI PEMBANGUNAN KABUPATEN NABIRE PERIODE 2021-2025

Misi adalah sesuatu yang harus dilaksanakan sesuai visi yang ditetapkan agar  tujuan organisasi dapat tercapai dan berhasil dengan baik.

Dengan perumusan misi, diharapkan agar seluruh anggota dan pihak-pihak pemangku kepentingan (stakeholders) dapat berpartisipasi dan dapat mengenal    peran organisasi secara lebih baik serta mendorong keberhasilannya.

Oleh karena itu, misi Kabupaten Nabire periode pembangunan 2021-2025 Calon Bupati dan Wakil Bupati Nabire, Provinsi Papua Papua, Yufinia Mote dan Muhammad Darwis merupakan penjabaran lebih lanjut dari visi Kabupaten Nabire yang telah diuraikan di atas, yaitu:

 

PERTAMA: Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang Berbudaya, Berdaya Saing dan Berwawasan Lokal dan Global.

 

KEDUA: Meningkatkan Fasilitas dan SDM di Bidang Kesehatan serta Mening  katkan Pelayanan Kesehatan yang Berkualitas dan     Manusiawi.

 

KETIGA: Peningkatan Ekonomi Kerakyatan dengan Penciptaan Iklim Usaha yang Baik dan Kompetitif serta  pengelolaan SDA yang Tersedia serta Pendampingan Usaha bagi Masyarakat Asli Papua.

 

KEEMPAT: Pengembangan dan Pembangunan  Infrastruktur Daerah yang  Lebih Memadai.

 

KELIMA: Penataan Kapasitas dan Kapabilitas Kelembagaan dan Disiplin Aparatur Pemerintahan.

 

KEENAM: Penataan Lingkungan Perkotaan dan Pedesaan, Pembinaan Bidang Olahraga, Pembinaan Perempuan dan Peningkatan Pariwisata dan Kelestarian Alam (Hutan).

 

KETUJUH: Peningkatan Stabilitas Keamanan Daerah dan Kerukungan Masyarakat  di Kabupaten Nabire. ***

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: